Setiap daerah di Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan pariwisatanya. Hal ini ditunjang dengan hadirnya objek wisata seperti gunung, pantai, laut, maupun lembah. Bahkan, ini masih bisa ditambahkan dengan objek wisata berupa buatan seperti waduk atau bendungan. Salah satu daerah di Indonesia yang mampu memanfaatkannya menjadi destinasi wisata adalah Lombok Timur.

Lombok Timur adalah salah satu daerah di Pulau Lombok yang memiliki potensi sebagai destinasi wisata. Sejumlah potensi di Pulau Lombok, salah satunya adalah Mandalika. Daerah tersebut kini menjadi destinasi super prioritas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Lalu, apa saja sih rekomendasi destinasi wisata bagi wisatawan saat berkunjung ke Lombok Timur? Daftar di bawah ini bisa menjadi panduan Anda saat singgah di Lombok Timur.

1. Pantai Kaliantan

Salah satu pantai yang cukup terkenal di Lombok Timur adalah Pantai Kaliantan. Pantai ini memiliki keunggulan dengan pasir yang berwarna unik dan bentuknya seperti merica. Selain itu, di Pantai Kaliantan terdapat upacara yang dilakukan pada bulan Februari – Maret. Upacara ini tidak hanya menyedot perhatian wisatawan dalam negeri melainkan juga mancanegara. Upacara tersebut bernama Upacara Bau Nyale.

Bagi warga Lombok, khususnya Lombok Timur, Upacara Bau Nyale merupakan pesta rakyat. Di akhir upacara akan ada seremoni penangkapan cacing. Hal tersebut diikuti hampir semua pengunjung. Konon, cacing tersebut memiliki aneka khasiat dan membawa banyak berkah. Oh, iya, lokasi tepatnya berada di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

2. Gili Sunut

Di Desa Pemongkong, selain terdapat Pantai Kaliantan, juga hadir wisata alam lainnya yaitu Gili Sunut. Pemandangan alam yang disajikan di Gili Sunut tidak kalah dengan gili-gili lainnya. Oh, iya, Gili Sunut sejajar dengan Kawasan Tanjung Ringgit. Di Gili Sunut, Anda bisa melakukan berbagai hal yang di antaranya rafting, berenang, hingga snorkeling. Air laut yang relatif tenang menjadi alasan mengapa Anda bisa melakukannya di sana.

Selain itu, di sana Anda juga akan menyaksikan kapal nelayan yang bersandar di bibir pantai. Hal ini disebabkan orang asli Lombok Timur yang berprofesi sebagai nelayan. Oleh karena itu, Anda pun bisa melihat kegiatan mereka saat meraih dan membagikan hasil tangkapan di pantai.

3. Tanjung Ringgit

Salah satu wisata di Lombok Timur yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Tanjung Ringgit. Letaknya berada di Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Untuk mencapai ke sana, Anda perlu mempersiapkan stamina yang ekstra. Hal ini disebabkan Anda perlu mendaki dengan lintasan yang berkelok. Namun, semuanya akan terbayarkan jika sampai di atas.

Dari atas, Anda bisa melihat betapa megahnya Gunung Rinjani. Selain itu, Anda bisa melihat deburan ombak yang berulang kali menyentuh bibir pantai. Sekadar informasi, kawasan Tanjung Ringgit merupakan hutan lindung milik negara. Sebagian dikelola negara dan sebagian yang lain bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

4. Goa Jepang

Sebagai bentuk peninggalan kolonial, Jepang mewariskan banyak tempat yang unik. Salah satunya adalah Goa Jepang yang terletak di Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur. Dahulu, kawasan ini digunakan sebagai Jepang sebagai area pertahanan saat menghadapi Perang Dunia II. Seiring berjalannya waktu, dan Indonesia telah merdeka, Goa Jepang digunakan sebagai wisata sejarah.

Nah, Goa Jepang termasuk dalam kawasan hutan lindung Tanjung Ringgit. Selain itu, juga bagian dari taman safari. Menariknya, selain merasakan perjalanan wisata sejarah, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam di taman safari.

Empat destinasi wisata di Lombok Timur bisa menjadi panduan Anda ketika berkunjung di sana. Sebenarnya masih banyak wisata di Lombok Timur yang bisa dieksplor. Namun setidaknya empat wisata tersebut bisa menjadi rencana kunjungan Anda di Lombok.

Jika ingin mengetahui rekomendasi wisata lain di seluruh Indonesia, cobalah berkunjung di Indonesia Travel. Anda pun bisa mendapatkan banyak rekomendasi khususnya wisata alam di Pulau Lombok.

By Pendik