Salah satu daerah di Indonesia yang banyak memiliki tempat wisata adalah Kota Makassar. Jika Anda sedang memiliki waktu luang, cobalah berkunjung ke Kota Makassar. Di sana Anda akan mendapat suguhan menarik mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, hingga sejarah. Wisata alam seperti pantai, wisata kuliner seperti sop konro, atau wisata sejarah seperti benteng.

Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila Kota Makassar termasuk salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Setidaknya Anda pernah mengunjunginya sekali seumur hidup. Jika Anda berasal dari Pulau Jawa, Anda bisa ke Kota Makassar menggunakan pesawat terbang atau kapal laut.

Saat ini, jadwal transportasi menuju Kota Makassar selalu ada. Maka, yang perlu Anda lakukan adalah menyisihkan waktu Anda minimal tiga hari. Kemudian, berliburlah sejenak di Kota Makassar.

Di bawah ini adalah daftar tempat wisata di Kota Makassar yang bisa masuk dalam rencana berlibur Anda. Selalu perhatikan protokol kesehatan di mana pun tempat wisata yang Anda kunjungi, ya.

1. Ekowisata Mangrove Lantebung

Anda ingin berwisata air namun tidak ingin mengunjungi pantai, Ekowisata Mangrove Lantebung, Makassar bisa menjadi solusi. Pemandangan yang tersaji di sini dapat dikatakan unik dan menarik.

Anda bisa menyusuri jembatan sepanjang 270 meter. Menariknya, jembatan dicat dengan beraneka warna sehingga pengunjung tidak bosan ketika melintasinya. Kemudian, Anda akan mendapatkan hamparan mangrove di sisi kanan dan kirinya.

Tempat ini adalah hasil dari swadaya penduduk setempat. Penanaman mangrove tentunya sangat baik bagi pantai dan sekitarnya. Jika Anda tidak ingin mengendarai perahu, Anda hanya dikenakan biaya Rp15.000 per orang. Namun, jika ingin mencoba perahu, Anda akan dikenakan biaya Rp20.000 per orang.

2. Taman Nasional Bantimurung

Sebagai seorang wisatawan yang ingin berpetualang, tentu saja mencari sesuatu yang baru adalah tujuan utama. Maka dari itu, ketika Anda sedang berada di Makassar, cobalah ke tempat-tempat wisata yang unik. Salah satunya Taman Nasional Bantimurung. Anda akan mendapatkan pemandangan alam yang sangat luar biasa. Yang paling menyenangkan di sini, Anda bisa melihat ratusan jenis kupu-kupu.

Tidak hanya itu saja, Anda pun juga bisa menjelajahi gua hingga merasakan sensasi mandi di bawah air terjun. Dengan segala kemewahan yang Anda dapatkan maka Anda hanya butuh merogoh kocek Rp20.000. Tentu itu nominal yang sangat terjangkau, bukan?

3. Benteng Fort Rotterdam

Jika Anda membutuhkan wisata sejarah, Benteng Fort Rotterdam bisa menjadi pilihan yang sesuai. Saat ini, tempat tersebut sering disebut sebagai museum. Benteng Fort Rotterdam memiliki banyak gedung. Hampir semua gedung memiliki arsitektur gaya Eropa.

Zaman dulu, setiap gedung memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada gudang penyimpanan senjata, penjara, hingga ruang untuk beristirahat. Di daerah tersebut, Anda bisa berkeliling untuk mendapatkan pengetahuan sejarah sekaligus berswafoto. Dengan kocek sebesar Rp10.000 saja, Anda bisa menambah wawasan sekaligus memiliki stok foto menakjubkan.

4. Pantai Losari

Tidak elok rasanya jika berkunjung ke Kota Makassar namun tidak berwisata di Pantai Losari. Ya, Pantai Losari adalah pantai ikonik di Makassar. Boleh dibilang pantai ini menjadi wisata populer dan wajib untuk dikunjungi. Cara menikmati Pantai Losari tentu saja Anda dapat pergi menjelang matahari terbenam. Sunset terbaik bisa Anda dapatkan di sana.

Namun, jika Anda tidak ingin menikmati sunset, Anda pun juga bisa merasakan sensasi sunrise. Anda bisa menikmatinya sembari lari pagi di sekitaran Pantai Losari. Jika Anda ingin mencoba wisata lain di sana, Anda bisa merasakan sensasi naik banana boats atau sepeda air.

Empat wisata di Kota Makassar ini adalah wisata yang populer dan sering dikunjungi. Jika Anda ingin pergi ke sana, selalu terapkan protokol kesehatan dengan tepat. Jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan dengan air mengalir. Jika Anda ingin mengetahui wisata Makassar atau wisata Indonesia lainnya, Anda bisa menelusuri di sini.

By Pendik