Cara beternak domba texel di indonesia di Ciamis

Untuk beternak domba broiler seperti Texel, tujuan utamanya adalah agar cepat gemuk dan besar. Apakah hanya terletak pada pola dan jenis pakan dombanya saja? Faktor-faktor ini, meskipun tidak hanya ditentukan oleh jenis dan pola pakan, namun tetap merupakan faktor yang paling penting.
Selain itu, ada beberapa cara pemeliharaan yang berkaitan dengan perawatan, kandang, kebersihan, kondisi fisik domba, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.
1. Pastikan kandang cocok untuk penggemukan.
Kandang domba broiler, mempunyai beberapa jenis berdasarkan umurnya. Ada kandang komunal untuk beberapa domba sekaligus di dalamnya, ada kandang individu untuk dipelihara. Tujuannya agar domba tidak merasa stres dengan memperhatikan kandangnya.
Telah ditemukan bahwa stres dapat menyebabkan pertumbuhan domba berkurang. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: kandang yang tidak nyaman, sering dilalui orang, tidak ada sinar matahari, dan terlalu lembab/kering.
2. Pakan domba dengan pola dan komposisi seimbang
Pakan merupakan faktor yang sangat penting, oleh karena itu pola dan komposisinya harus tepat. Semakin banyak nutrisi yang dibutuhkan Texel, semakin besar pula. Nutrisi ini secara umum dibagi menjadi dua kategori: energi dan protein.
Ada dua jenis pakan utama yaitu pakan hijauan (pakan konsentrat) dan ampas tahu. Pakan konsentrat antara lain dedak padi (dedak merupakan campuran jagung, singkong dan dedak padi), ampas atau lumpur tahu, bungkil kelapa dan singkong. Pakan hijaunya berupa rumput gajah, daun pisang, dan kaliandra.
Jumlah pakan konsentrat yang dibuat dari bahan-bahan di atas sangat sedikit, sekitar 1-3%. Pakan hijau (yang merupakan pakan utama) menyumbang 10 hingga 25 persen dari bobot domba.
Peternak bebas menambahkan pakan lain asalkan sudah diuji secara menyeluruh atau berdasarkan pengalaman sebelumnya. Lain halnya dengan pakan fermentasi atau pakan buatan. Mengingat mahalnya harga domba Texel, maka sangat penting untuk memperhatikan pola dan komposisi pakan di atas.
3. Perawatan Tubuh Fisik Domba
Berbeda dengan kambing, domba Texel memiliki bulu berbulu yang tumbuh lebat di tubuhnya. Maka dari itu perawatan fisik juga perlu diberikan oleh para peternak, minimal 1 atau 2 kali dalam sebulan. Beberapa anjuran perawatan antara lain: memandikan domba agar tetap bersih, menjaga kebersihan bulu, memotong kuku domba (umumnya setiap 6 bulan sekali).
Dengan semua
Domba akan merasa lebih nyaman dengan tubuhnya dan tumbuh menjadi raksasa daging yang luar biasa.
4. Pengendalian Penyakit Domba Texel Secara Teratur
Hal berikutnya yang perlu dilakukan peternak adalah mengontrol kesehatan domba Texel. Tentunya anda sudah paham apa saja yang harus diperiksa pada domba. Anda bisa memeriksa hidung, mulut, kaki, atau gejala lainnya.
Pastikan mata, hidung, dan mulut Anda bersih (tidak ada lendir aneh). Keempat kaki domba harus mampu menopang badan agar leluasa bergerak, periksa juga bagian perut dan pastikan tidak berat sebelah. Anus digunakan untuk menentukan jenis penyakit.
Peternak juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan dengan mengamati tingkah laku dan tingkah laku pada dombanya, terlepas dari apakah itu wajar atau tidak. Jika Anda melihat gejala aneh lainnya, pisahkan dari domba lain. Anda dapat memindahkan domba yang sakit ke kandang isolasi khusus sebelum memeriksa lebih detail.
5. Bila perlu berikan suplemen dan vitamin
Cara selanjutnya ke ras Domba Texel berkaitan dengan suplemen atau vitamin khusus. Biasanya setiap peternak mempunyai cara tersendiri dalam menjaga pertumbuhan dombanya agar tetap optimal. Anda dapat menggunakan suplemen yang dibuat oleh produsen, atau suplemen sayuran yang difermentasi.
Domba yang sakit membutuhkan pengobatan dan perawatan berkelanjutan. Jika Anda mendatangkan domba dari GB Farm, kami siap membantu memberikan arahan apa yang harus Anda lakukan. Layanan ini membuktikan bahwa GB Farm Ngawi menghargai pembelian Anda.
Gibas Barokah Farm menawarkan harga domba Texel terendah.
Jika Anda ingin menawarkan jenis domba Texel, kami merekomendasikan yang 100% murni asli (dengan sertifikasi peternakan Australia/Afrika). GB Farm dapat memberi Anda persilangan yang menghasilkan persilangan antara domba broiler super dan domba Texel.
GB Farm menyediakan berbagai layanan bagi pelanggannya. Mulai dari jenis domba (Dorper, Awassi, Garut, Merino, Suffolk, dan Texel). Jenis kambingnya juga berbeda-beda (kambing Boer, kambing Anglo Nubian, kambing Alpen, kambing Pygmy, kambing Pygmy hingga kambing kurban). Peralatan yang digunakan dalam peternakan, atau untuk mengolah produk.
Di bawah ini adalah jenis-jenis domba texel beserta harganya berdasarkan kondisi masing-masing.
1. Domba Texel
GB Farm menawarkan domba Texel mulai dari 1,5 juta saja. Ini merupakan harga terendah di pasar Indonesia. Oleh karena itu, tempat ini ideal bagi peternakan yang ingin beternak atau membudidayakan domba broiler kelas dunia dari Belanda.
Ada dua jenis usia: 6-7 bulan, dan 8-10 bulan. Domba Texel betina ini merupakan hasil kawin silang dengan domba daging super yang kualitasnya terjamin. Informasi lebih lanjut mengenai domba ini dapat Anda lihat di sini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-betina.html).
2. Domba Texel Betina Hamil
Pilihan selanjutnya adalah Texel yang hamil (dengan domba), atau Texel yang hamil (dengan Domba Dorper darah penuh). Mulai 3.000.000, texel bunting domba dengan domba. Mulai dari 5 jutaan untuk Dorper fullblood yang sedang hamil.
Kriteria domba texel bunting antara lain : tersedia bobot 40 kg s/d 50 kg, vaksin FMD 2 kali, bibit laktasi 1-3 ekor, sehat 100%. Jaminan kehamilan dengan cek USG, informasi lengkap mengenai paket ini bisa langsung dicek disini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-bunting.html).
3. Domba Texel Persilangan
Domba texel adalah jenis yang langka. Hubungi gibasbarokah.com untuk memastikan ketersediaan stok. Harga domba texel persilangan dewasa antara 3 sampai 5 jutaan. Cek informasi dan ketersediaan Texel jantan blasteran di sini (https://gibasbarokah.com/cross-texel-jantan.html).
4. Domba Texel Fullblood Texel 100% Asli
Produk Texel terbaik 100% fullblood. Domba texel masih dibandrol dengan harga sekitar 50 juta rupiah, baik untuk jantan maupun betina. Semua kelebihan bawaan domba Texel terletak di dalam tubuhnya. Anda perlu melakukan reservasi terlebih dahulu karena impor langsung berasal dari peternakan di Afrika.
Konsultasi gratis di kontak GB Farm, dengan senang hati kami membantu kebutuhan peternakan anda dengan pelayanan terbaik dan tentunya dijamin sampai dengan selamat di tempat tujuan. Berikut panduan lengkap mengenai Ciri-Ciri, Sejarah dan Perawatan Domba Texel di Indonesia.
#dombatexel #texel #domba #dombatexeljantan #dombatexelbetina #dombatexelbunting #dombabunting